Pricey Pemerintah, Vaksin Bukan Alat Politik!

Persentase kematian akibat covid-19 setelah vaksin dosis kedua ini menurun dibanding dosis pertama. Jakarta, three Juli 2021 –Ada yang unik saat berlangsungnya kegiatan vaksinasi di sentra vaksinasi Universitas Budi Luhur. Program vaksinasi diwajibkan bagi orang dewasa dan remaja ini ternyata cukup merepotkan bagi seorang ibu. Pasalnya saat vaksin seorang ibu tak bisa meninggalkan anaknya yang masih balita di rumah dan harus membawa serta buah hatinya ke sentra vaksin.

Nantinya sebanyak one hundred ribu dosis vaksin asal India itu diperkirakan datang pekan depan, dilansir dari Taipei Times. Mari kita harus tetap melaksanakan dan patuhi protokol kesehatan pakai maskernya jaga jarak dan jangan lupa cuci tangan vaksin tidak membuat kita menjadi kebal dari virus karena ini adalah salah satu cara bagi kita untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sragen. “Semoga bisa memberikan kontribusi dalam rangka membangun Kota Bandung, mendukung dan membantu pelaksanaan program kegiatan Pemkot Bandung,” harapnya. Meski begitu, Andy mengimbau kepada pemerintah supaya vaksinasi terus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Paling penting proses pendistribusian vaksin kepada pihak-pihak yang membutuhkan bisa tepat sasaran, dengan mempertimbangkan kelompok masyarakat yang rentan terlebih dahulu. Pernyataan Sinocav yang aman digunakan dan halal bagi umat Muslim diharapkan UNJ menjadi hal yang direspons positif oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Negeri Panda juga menggunakan momentum perlombaan vaksin untuk diplomasi ke sejumlah negara berkembang. Pemimpin mereka, Xi Jinping, mengatakan pihaknya akan berusaha untuk memastikan negara-negara berkembang memiliki akses ke vaksin China. Xi juga berjanji akan menyumbang US$2 miliar selama dua tahun untuk respon internasional penanganan Covid-19.

Per berita ini ditulis, Amerika menyuntikkan kurang lebih 3 juta dosis vaksin COVID-19 per hari. Adapun jumlah dosis vaksin COVID-19 yang telah disuntikkan adalah 167 juta dari 207 juta dosis yang telah dibagikan. Pada 7 Desember 2020 Indonesia menerima 1,2 juta dosis vaksin Sinovac buatan Cina. Kemudian pada 31 Desember 2020 Indonesia kembali menerima 1,8 juta dosis vaksin Sinovac. Pada 11 januari 2021 Badan Pengawas Obat dan Makanan akhirnya resmi memberikan izin darurat penggunaan vaksin tersebut.

Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah menjelaskan pemerintah memiliki tambahan anggaran untuk vaksin sebesar Rp 10 triliun pada 2021. Dana tersebut didapatkan dari dana cadangan yang berada di rekening bendahara umum negara. Di dalam APBN 2021 pemerintah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan vaksin sebesar Rp 18 triliun, seperti dilansir dari Kompas. Sementara untuk program vaksinasi sebesar Rp 3,7 triliun dengan pengadaan sarana dan prasarana penunjang sebesar Rp 1,3 triliun. Sehingga complete anggaran yang telah dirancang untuk proses pengadaan hingga distribusi vaksin ke masyarakat mencapai Rp 23 triliun. JAKARTA, KOMPAS.com – Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pemerintah tetap menjalankan program vaksinasi gratis meski ada layanan vaksin berbayar yang dijalankan Kimia Farma dan Biofarma.

Mengembangkan kemitraan dengan berbagai sektor baik nasional maupun internasional. Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala.

Presiden Kongres Paraguay, Oscar Salomon juga sudah mengumumkan pada Senin (19/04) lalu jika berminat untuk membeli vaksin Kuba dan sudah bertemu dengan Duta Besar Kuba di Paraguay Raul Gortazar. Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan Vaksinasi Tahap I, selanjutnya vaksinasi dilaksanakan kepada Nakes yang sudah terdata, sesuai dengan jadwal pelaksanaan vaksinasi Tahap I dilaksanakan mulai dari tanggal 25 s.d 28 Januari 2021. Pemerintah juga memberikan insentif bantuan bagi masyarakat terdampak, pembangunan infrastruktur dan upaya terus-menerus menciptakan lapangan kerja. Banyak pakar kesehatan mulai mencemaskan nada nasionalisme dan proxy dalam penemuan vaksin untuk senjata geopolitik. Pasalnya hal itu bisa mempersulit upaya memberantas virus dalam waktu dekat, memicu proteksionisme, dan mengganggu rantai pasokan medis lainnya. Pada akhirnya mengancam upaya memproduksi dan mendistribusikan vaksin secara adil.

Basis information vaksinasi Covid-19 Bloomberg telah melacak lebih dari 726 juta dosis yang diberikan di 154 negara. AS, misalnya, telah mengamankan 24 persen dosis vaksin dunia dengan persentase populasi four,3 persen. Sementara Pakistan baru mengamankan 0,1 persen dari cakupan vaksin untuk 2,7 persen populasi international.

Dia mengingatkan bahwa vaksinasi covid-19 merupakan bagian dari kebijakan strategis nasional dalam merespons covid-19 sebagai bencana nasional non-alam. Pihak mana pun yang menghalangi pelaksanaan kebijakan vaksinasi dapat diproses hukum. Saleh mengatakan, sebaiknya pemerintah merevisi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2021 tentang pelaksanaan vaksinasi. “Kami meminta pemerintah berkomitmen mempercepat serapan anggaran kesehatan untuk vaksinasi dan perbaikan layanan penanganan Covid-19 di seluruh rumah sakit dan fasilitas kesehatan,” ujar Bamsoet. “Pemerintah harus memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa pemerintah berkomitmen menuntaskan penyelenggaraan vaksin hingga mencapai goal yang telah ditetapkan, baik melalui vaksin program pemerintah maupun vaksin gotong royong,” kata Bamsoet. Abetnego juga menyampaikan pelibatan TNI dan Polri dalam penanganan covid-19 maupun vaksinasi didasarkan pemetaan institusi tersebut memiliki jaringan pusat kedokteran serta kesehatan luas serta sumber daya manusianya.

Comments are Disabled