Marketing Strategy Dan Tips Untuk Bisnis Kopi Sederhana

Momentum ini sudah tentu harus diawasi agar industri kopi terus berkesinambungan. Bisnis ini tidak boleh bernasib seperti bisnis-bisnis ‘latah’ yang kerap terjadi di Indonesia. Kedua, insentif regional berupa pengurangan pajak sampai dengan 75?

Bisnis Kopi

Investasi ini bisa membuat pengusaha lokal membuka lebih banyak gerai dan berekspansi semakin cepat di seluruh Indonesia. Kopi susu pun masih menjadi komoditas yang menjanjikan untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi mereka yang mau tekun menggeluti bisnis tersebut. Presentasikan rencana bisnis Anda yang strong dan minta mereka berinvestasi dalam bisnis Anda. Jika tidak memungkinkan mendapatkan dana dari mereka atau jumlah yang tersedia tidak mencukupi, barulah Anda gunakan opsi berikutnya. Untuk satu bulan pertama, jika ada gunakan jasa teman-teman dekat atau keluarga.

Mengingat sampai saat ini kopi masih menjadi produk yang digemari orang. Kesempatan itulah yang diambil beberapa model kopi kekenian yang memang menyasar market menengah dengan harga yang terjangkau, namun untuk kualitas dari kopi hampir mirip dengan kopi harga premium. Sehingga banyak orang yang ingin menikmati kopi dengan kualitas premium dengan harga yang murah dan terjangkau. Menurut Dessy, ini tak hanya meningkatkan posisi tawar petani, sekaligus kesempatan petani belajar mengetahui selera dan kebutuhan pembeli.

Seminar dan workshop bisnis adalah tempat di mana Anda bisa bertemu dengan orang-orang yang ahli di bidangnya. Di sana juga, Anda mungkin berkesempatan bertatap muka langsung dengan investor. Modal ini bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara mulai dari menggunakan tabungan pribadi, meminjam ke financial institution, mencari investor hingga mengajukan pinjaman on-line ke perusahaan peer-to-peer lending. Cari tahu lebih lanjut tentang cara-cara mendapatkan modal dengan Moka Capital.

“Nanti kita buat merek Kopi Nusantara, baru di bawahnya kopi Toraja, Lampung dan lain-lain,” imbuhnya. Di kesempatan yang sama, Founder CLI sekaligus Bendahara Umum Dewan Kopi Lisa Ayodhya menceritakan, bisnis kopi untuk UMKM ini memang tidaklah serumit bisnis-bisnis yang lain. Namun kata dia, para pelaku UMKM kopi perlu juga dilakukan pencerahan melalui pelatihan bagaimana membuat kopi yang baik. Selain itu kamu juga bisa memiliki koneksi tentang suplier kopi yang biasanya dipilih oleh kafe-kafe tersebut.

“Peluang bisnis bisa diciptakan dengan mudah. Pengusaha kecil dengan buka kedai kopi di depan rumah juga bisa,” tuturnya. Keempat, kehadiran media sosial yang memudahkan pebisnis kedai kopi melakukan aktivitas marketing dan promosi. Kelima, kehadiran platform ride hailing yang memudahkan proses penjualan.

Comments are Disabled