Manusia Indonesia Abad 21 Yang Berkualitas Tinggi Ditinjau Dari Sudut Pandang Psikologi

Kualitas dimaksud menurut Henry Cloud , yaitu memiliki perangkat kemampuan tertentu, membangun hubungan saling menguntungkan , dan berkarakter. Setidaknya, karakter yang dimaksud di sini adalah mencakup etika Kakek Zeus dan integritas. Masyarakat juga ikut serta dalam pembentuk kepribadian dalam pendidikan islam karena dalam masyarakat kita bisa mengikuti organisasi yang berhubungan dengan kemaslahatan lingkungan.

Berbagi keteladanan dalam mendidik anak menjadi sesuatu yang sangat penting. Orang tua masa kini menaruh perhatian yang sangat besar kepada sekolah yag bagus dan bergengsi untuk membentuk anak-anaknya menjadi anak yang pandai, cerdas dan berkarakter. Akan tetapi dalam kenyataannya, harapan orang tua masih jauh dari realisasinya. Merupakan cara terbaik untuk membentuk perilaku individu sebelum masuk ke dunia kerja/ usaha.

Hal- hal baik untuk meningkatkan kepribadiaan kita

Era globalisasi yang semakin terasa denyutnya memerlukan penampilan Manusia Indonesia yang berkualitas tinggi, sehingga dapat mengikuti perkembangan dunia, yang selanjutnya akan dapat menghasilkan peran serta aktif di berbagai bidang . Ketidakpastian dalam penegakan hukum berdampak pula pada perilaku yang ditampilkan orang tua dan anggota masyarakat lainnya dalam bekerja dan berorganisasi, yang selanjutnya bisa dijadikan acuan oleh anak dalam mengembangkan dirinya. Tindakan yang lebih suka memilih jalan pintas untuk mencapai tujuan, tidak tepat waktu, unjuk kerja seadanya, lebih menuntut fasilitas daripada tanggung jawab adalah melunturnya etos kerja yang diamati anak dengan leluasa, di dalam maupun di luar rumah . Sikap mau menang sendiri, tidak adanya kepatuhan terhadap hukum, pelanggaran terhadap tata tertib yang berlaku adalah ketidakdisiplinan pribadi yang bisa ditangkap anak dari orang tua dan lingkungannya.

Hal ini bisa dikatakan akan memengaruhi pendirian individu atas pemahaman etika yang ada di dalam masyarakat. Pertama, etika teologis tidak dibatasi oleh satu agama saja, hal itu karena mengingatnya banyaknya jumlah agama di dunia ini. Pada hakikatnya, setiap agama pastinya memiliki etika teologisnya masing-masing berbeda dan juga spesifik.

Seluruh tipe kepribadian yang anak muda miliki, dikelola dengan baik dan mengedepankan aspek disiplin dalam bertindak, santun dalam berperilaku dan tegas dalam melaksanakan kewajiban. Di Akbara Surakarta, merupakan institusi pendidikan yang tidak hanya fokus pada pendidikan akademik saja namun juga fokus dalam mengelola kepribadian seseorang untuk menjadi pribadi yang kompeten, tangguh dan berkarakter. Setelah kita mengetahui tipe kepribadian kita, penting untuk mulai mengamati dan mempelajari tipe kepribadian orang disekeliling kita, entah teman atau keluarga kita. Lakukan dengan jujur ya… agar kamu benar-benar tahu tentang tipe kepribadianmu. Terkadang banyak orang yang tidak mau mengakui sisi negatif yang dia miliki. Ubah hal negatif menjadi positif dengan melakukan modifikasi dan perbaikan pada pribadimu.

Tingkah laku manusia di kota besar lebih mengarah pada kesibukan pribadi, tidak acuh, tidak peduli terhadap mereka yang kurang beruntung . “Pokoknya saya senang, saya berhasil, saya bisa meraih semuanya. Apa yang terjadi dengan orang lain, bukan urusan saya,” kata si individualis, yang juga masuk ke dalam rekaman anak dan bukan tak mungkin dijadikannya pola bertingkah laku. Mereka yang mampu akhirnya memang ‘berhasil’ mengikuti gaya hidup global. Tapi, sebagian besar masyarakat Indonesia belum memiliki dukungan untuk bisa mengikuti gaya hidup yang baru.

Comments are Disabled